PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN RECIPROCAL TEACHING KELAS IX DI MTs HIDAYATUL UMMAH

HARIATI, TIKA (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN RECIPROCAL TEACHING KELAS IX DI MTs HIDAYATUL UMMAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB 5.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika yang harus dimiliki setiap peserta didik. Untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika diperlukan sebuah model pembelajaran yang inovatif dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah model pembelajaran Think Talk Write dan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Model pembelajaran Think Talk Write terdiri tiga tahap yaitu berfikir, berbicara, dan menulis. Sedangkan model pembelajaran Reciprocal Teaching terdiri dari empat tahap yaitu membuat pertanyaan, klarifikasi, prediksi, dan membuat kesimpulan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari pada menggunkan model pembelajaran Think Talk Write. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas IX MTs Hidayatul Ummah tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas IX B yang terdiri dari 28 peserta didik dan IX C yang terdiri dari 28 peserta didik. Untuk menentukan kelas Think Talk Write dan kelas Reciprocal Teaching dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi berupa nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap peserta didik kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk uraian yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t data sampel independen (Independent Sample t Test) diperoleh nilai sig =0,0015<0,05, maka H_0 ditolak artinya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran Think Talk Write.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:02
Last Modified: 07 Aug 2019 02:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2546

Actions (login required)

View Item View Item