PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATERI OPERASI PERKALIAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 CERME

SANTOSO, SUJITO NIRWAN (2017) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATERI OPERASI PERKALIAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan adalah proses interaksi yang terjadi anatara guru dan siswa, yang bertujuan meningkatkan perkembangan mental. Sehingga menjadi mandiri dan utuh. Secara umum dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan satuan tindakan yang memungkinkan terjadinya belajar dan perkembangan. Dalam pendekatan pembelajaran problem posing peserta didik secara berkelompok akan terlibat langsung dalam membuat ide soal yang akan dibuat dan dari soal tersebut peserta didik bisa berpikir lebih kreatif dalam menyelesaikannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran Problem Posing. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Cerme pada semester ganjil materi aljabar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) Observasi aktivitas guru. (2) Observasi aktivitas peserta didik. (3) Tes Hasil Belajar. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar pengamatan aktivitas guru. (2) lembar pengamatan aktivitas peserta didik. (3) lembar soal tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah: (1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik. (2) aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dalam kategori baik. (3) ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah tuntas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:02
Last Modified: 07 Aug 2019 02:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2557

Actions (login required)

View Item View Item