EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI DIMENSI TIGA DI SMA 45 GRESIK

ANHAR, RISWANDA (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI DIMENSI TIGA DI SMA 45 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (202kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas X di SMA 45 Gresik, bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan masih dilaksanakan konvensional dimana guru hanya menguasai materi yang akan disampaikan saja tanpa menggunakan media pembelajaran tertentu dalam penyampaiannya dan kurangnya penggunaan visualisasi untuk memahamkan konsep materi kepada siswa. Pembelajaran matematika yang dilakukan kurang melibatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu diterapkan pembelajaran yang tidak monoton, mampu meningkatkan aktivitas siswa, dan dengan menggunakan media macromedia flash diharapakn dapat memberikan visualisasi yang lebih baik terhadap materi yang diajarkan dan mampu meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui efektiitas pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash pada materi dimensi tiga yang diukur dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik. Sedangkan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-1 SMA 45 Gresik. Metode yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik dengan skor 83,33 (2) aktivitas peserta didik yang aktif sebesar 57,03% (3) hasil belajar peserta didik tuntas secara klasikal sebesar 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media macromedia flash efektif diterapkan pada materi dimensi tiga.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:02
Last Modified: 07 Aug 2019 02:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2558

Actions (login required)

View Item View Item