PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNIK RABDIOLOGIA NAPIER BONE’S PADA MATERI PERKALIAN KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM GREDEK

SYAFA’ATUN, ANNA (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNIK RABDIOLOGIA NAPIER BONE’S PADA MATERI PERKALIAN KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM GREDEK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 1pdf.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 2 pdf.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB 3 pdf.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB V pdf.pdf

Download (139kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pemahaman akan pengertian dan pandangan guru terhadap metode mengajar akan mempengaruhi peranan dan aktifitas dalam belajar. Persoalan matematika yang sering dihadapi anak adalah sering kali anak kurang terampil mengoperasikan aritmatika, kebanyakan dari mereka kurang cepat, tepat dan teliti dalam menyelesaikan soal, Misalnya pada materi perkalian. Oleh karena itu pembelajaran matematika harus dibuat menarik dan menyenangkan salah satunya yaitu dengan teknik rabdiologia napier bone’s. Oleh karena itu, peneliti ingin memberikan salah satu alternatif untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan teknik rabdiologia napier bone’s. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru, mendeskripsikan aktivitas peserta didik, dan mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah penerapan pembelajaran matematika teknik rabdiologia napier bone’s. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi yang mana subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI. Miftahul Ulum yang berjumlah 32. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dan metode tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar aktivitas peserta didik, dan lembar tes hasil belajar peserta didik. Sedangkan metode analisis data dilakukan secara statistik dan mendeskripsikannya secara kualitatif. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika dengan teknik Rabdiologia Napier Bone’s termasuk dalam kategori baik. (2) Aktivitas peserta didik termasuk kategori aktif (3) Ketuntasan belajar klasikal tercapai.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:03
Last Modified: 07 Aug 2019 02:03
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2563

Actions (login required)

View Item View Item