ANALISIS BUTIR SOAL UTS MATEMATIKA KELAS VII SMP DI KECAMATAN CAMPLONG MADURA TAHUN PELAJARAN 2017-2018

HARYANTI, SRI (2017) ANALISIS BUTIR SOAL UTS MATEMATIKA KELAS VII SMP DI KECAMATAN CAMPLONG MADURA TAHUN PELAJARAN 2017-2018. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
8.ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text
13.SKRIPSI BAB I.pdf

Download (27kB)
[img] Text
13.SKRIPSI BAB II.pdf

Download (636kB)
[img] Text
13.SKRIPSI BAB III.pdf

Download (522kB)
[img] Text
13.SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
13.SKRIPSI BAB V.pdf

Download (21kB)
[img] Text
14.DAFTAR PUSTAKA (revisi 1).pdf

Download (15kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam dunia pendidikan, penilaian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar. Sistem penilaian yang baik akan mendorong pendidik menggunakan strategi mengajar yang lebih baik untuk memotivasi peserta didik untuk belajar lebih giat lagi. Dalam hal ini, pendidik mengukur sejauh mana kemampuan peserta didik dalam menguasai materi yang telah dipelajari. Dalam rangka usaha meningkatkan profesionalisme guru maka keberadaan Kelompok Kerja Guru (KKG) sangat penting sekali. KKG merupakan suatu forum atau wadah profesional guru yang berada pada suatu wilayah kecamatan pada gugus sekolah. Secara umum KKG bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan profesional guru. Sedangkan secara khusus pemberdayaan KKG bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui berbagai aktivitas yaitu pembuatan soal Ulangan Tengah Semester (UTS) yang terdiri dari soal pilihan ganda dan esai yang mana digunakan dalam mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kuantitatif. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP dikecamatan Camplong yang terdiri dari 12 sekolah dengan jumlah 637 peserta didik. Subyek untuk jenis penelitian deskriftif adalah 10% dari populasi 63,7% dibulatkan menjadi 64 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian penelitian yang digunakan adalah soal UTS dan lembar hasil UTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis butir soal UTS matematika yang diuji meliputi validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda dan pola jawaban soal memiliki simpulan yang dapat dipakai sehingga soal UTS pilihan ganda tersebut dapat digunakan dalam ujian sekolah di kecamatan camplong.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:03
Last Modified: 07 Aug 2019 02:03
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item View Item