PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN COOPERATIVE (THINK PAIR SHARE) DI SMP MUHAMMADIYAH 5 BUNGAH

Alawiyah, Istiadatul (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN COOPERATIVE (THINK PAIR SHARE) DI SMP MUHAMMADIYAH 5 BUNGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penalaran merupakan suatu kegiatan, suatu proses atau suatu aktivitas berpikir untuk menarik kesimpulan atau membuat suatu pernyataan baru yang benar berdasar pada beberapa pernyataan yang kebenarannya telah dibuktikan atau diasumsikan sebelumnya. Melalui penalaran matematika peserta didik dapat mengajukan dugaan, kemudian menyusun bukti, melakukan manipulasi terhadap permasalahan matematika dan menarik kesimpulan dengan benar dan tepat. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan penalaran peserta didik dalam belajar matematika adalah strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran cooperative (think pair share). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan kemampuan penalaran matematika peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi pembelajaran cooperative (think pair share) di SMP Muhammadiyah 5 Bungah. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII A yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas VIII B yang berjumlah 23 peserta didik, sehingga seluruh sampel berjumlah 47 peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Bungah tahun ajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Data dokumentasi berupa nilai UAS semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan penalaran matematika berbentuk uraian yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa ada perbedaan antara kemampuan penalaran matematika peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan strategi pembelajaran cooperative (think pair share) di SMP Muhammadiyah 5 Bungah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:03
Last Modified: 07 Aug 2019 02:03
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2569

Actions (login required)

View Item View Item