Rusiana, Dian (2017) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
3.BAB I.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB II.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
5.BAB III.pdf Download (382kB) | Preview |
|
Text
6.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
||
|
Text
7.BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8.Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan koneksi matematika erat kaitannya dengan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Melalui kegiatan menyelesaikan masalah matematika peserta didik akan berusaha mencari konsep-konsep matematika yang memiliki keterkaitan dengan masalah yang dihadapi, kemudian menghubungkan konsep-konsep tersebut untuk menyelesaikannya. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan koneksi matematika peserta didik adalah pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika peserta didik berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi lingkaran melalui pembelajaran inkuiri terbimbing di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 4 Kebomas sebanyak 23 peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, tes kemampuan koneksi matematika, lembar validasi soal, dan pedoman wawancara. Dari hasil analisis data, kemampuan koneksi matematika peserta didik yang berkemampuan tinggi termasuk kriteria baik dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi lingkaran melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dengan rata-rata sebesar 68,06% dan baik dalam memenuhi ketiga indikator kemampuan koneksi matematika. Kemampuan koneksi matematika peserta didik yang berkemampuan sedang termasuk kriteria cukup baik dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi lingkaran melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dengan rata-rata sebesar 42,89% dan kurang dalam memenuhi indikator koneksi antar topik matematika. Kemampuan koneksi matematika peserta didik yang berkemampuan rendah termasuk kriteria sangat kurang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi lingkaran melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dengan rata-rata sebesar 15,28% dan sangat kurang dalam memenuhi ketiga indikator kemampuan koneksi matematika
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 02:03 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 02:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2570 |
Actions (login required)
View Item |