DIANA, IRMA NUR (2016) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTs WALI SONGO BENJENG GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Di dalam proses pembelajaran, masih banyak ditemukan peserta didik yang masih pasif selama proses pembelajaran, hal ini dikarenakan peserta didik hanya menunggu tugas yang diberikan oleh guru dan tidak banyak aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik yang mengakibatkan peserta didik tidak konsentrasi pada materi yang disampaikan dan kurang memahami apa yang telah dijelaskan oleh guru terutama pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Sebagai seorang guru diharapkan mampu mengelola kelas dengan menciptakan inovasi pembelajaran menyenangkan yang dapat menimbulkan semangat belajar bagi peserta didik dan menjadikan peserta didik lebih aktif selama proses pembelajaran. Untuk itulah penggunaan pembelajaran matematika menggunakan metode Make A Match yang dipopulerkan oleh Lornan Curran pada tahun 1994 menerapkan pembelajaran dimana peserta didik mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktvitas peserta didik dan ketuntasan peserta didik dalam pembelajaran matematika menggunakan metode Make A Match pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Wali Songo Benjeng Gresik tahun ajaran 2015-2016 yang terdiri dari 20 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan metode Make A Match, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pembelajaran matematika menggunakan metode Make A Match pada materi operasi hitung bentuk aljabar menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan sangat baik dengan skor 88,49 dan aktivitas peserta didikdikatakan baik dengan skor 78,92, dan ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal tercapai dengan prosentase 85%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 02:03 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 02:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2572 |
Actions (login required)
View Item |