MISLIYAH, MISLIYAH (10.422.001) (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN KONTRAKTUAL PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMPN 1 SANGKAPURA BAWEAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
||
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting karena pendidikan merupakan faktor penentu dalam mempengaruhi berhasil atau tidaknya seseorang, guru menjadi faktor penentu yang menghantarkan peserta didik menjadi lebih maju dan berkualitas. Pada dasarnya tujuan guru mengajar adalah mengadakan perubahan, salah satu perubahan yang dilakukan seorang guru dengan menggunakan suatu strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga mewujudkan hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu peneliti ingin membandingkan dua strategi pembelajaran yang bisa membuat peserta didik aktif dan ingin mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar diantara kedua strategi pembelajaran tersebut apabila diujikan di SMPN I SANGKAPURA. Kedua strategi pembelajaran tersebut adalah strategi pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran kontekstual Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif yaitu membandingkan hasil belajar peserta didik antara strategi pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran kontekstual materi segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 SANGKAPURA tahun ajaran 2014-2015 yang terbagi dalam 4 kelas reguler yaitu kelas VII C - VII F. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII D sebagai kelas CTL dan kelas VII E sebagai kelas SPBM dengan menggunakan teknik random sampling sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan instrumen penelitian adalah lembar tes. Dari hasil analisis data uji homogenitas diperoleh bahwa keempat kelas berasal dari populasi yang homogen, dari hasil analisa data uji normalitas diperoleh bahwa kedua kelas tidak berdistribusi normal maka teknik analisa yang digunakan adalah uji Kruskal Wallis. Berdasarkan uji Kruskal Wallis didapatkan nilai sig 0,877 sehingga sig ≥ 0,05. Artinya tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara strategi pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran kontekstual materi segiempat di kelas VII SMPN I SANGPKAPURA.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 03:48 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 03:48 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2578 |
Actions (login required)
View Item |