PENERAPAN METODE THINK-TALK-WRITE DALAM KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 20 KARANGASEM PACIRAN - LAMONGAN

Kholis, Nur (2017) PENERAPAN METODE THINK-TALK-WRITE DALAM KETERAMPILAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 20 KARANGASEM PACIRAN - LAMONGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Bab I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (599kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (261kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis Bahasa Arab siswa kelas IV MI Muhammadiyah 20 Karangasem Paciran - Lamongan. Faktanya, masih banyak kesulitan dalam menulis Bahasa Arab secara baik dan benar. Oleh karena itu, sangat perlu diterapkan metode yang cocok agar dalam menulis bahasa arab bisa baik dan benar, yaitu metode think-talk-write. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode think-talk-write dalam keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV, sehingga siswa semangat dan tidak bosan dalam mengikuti pelajaran. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan untuk penelitian ini yaitu terdiri dari 2 data yaitu data primer berupa guru Bahasa Arab kelas IV dan kepala sekolah MI Muhammadiyah 20 Karangasem sedangkan data sekundernya berupa Kepala Sekolah dan data lainnya yang mendukung penelitian ini. Teknik pengambilan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa deskriptif-kualitatif. Dari hasil penelitian ini telah ditemukan bahwa penerapan metode think-talk-write dalam keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV MI Muhammadiyah 20 Karangasem, siswa tidak mudah bosan dan lebih semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar serta siswa terlibat langsung selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dalam metode ini guru terlebih dahulu membuat langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan penggunaan metode think-talk-write. Adapun kendala yang dihadapi guru yaitu: (a) Terbatasnya sarana dan prasana sehingga siswa kesulitan di dalam mengikuti metode think-talk-write yang diterapkan, (b) Sikap individualis siswa, (c) Waktu yang terbatas untuk pembelajaran Bahasa Arab sehingga secara otomatis penerapan metode ini dalam pelajaran Bahasa Arab menjadi kurang efektif. Adapun upaya guru untuk mengatasi kendala tersebut yaitu: (a) Guru menekankan bagi siswa yang tidak kebagian kitab/buku untuk melakukan fotocopy, (b) Guru yang menentukan pembagian kelompok dan memberi poin terhadap kelompok yang aktif dan kompak, (c) Guru memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah agar siswa gak hanya belajar disekolah tapi juga dirumah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 23 Aug 2019 02:35
Last Modified: 23 Aug 2019 02:35
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2743

Actions (login required)

View Item View Item