PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN METODE CERAMAH POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMPN 4 LAMONGAN

YUSTIONO, FARIS (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA METODE RECIPROCAL TEACHING DENGAN METODE CERAMAH POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMPN 4 LAMONGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (397kB)

Abstract

Mata pelajaran Matematika bukan hanya memberi kemampuan dalam perhitungan-perhitungan kuantitatif, tetapi juga dalam penataan cara berfikir, terutama dalam hal pembentukan kemampuan menganalisis, membuat sintesis, melakukan evaluasi hingga kemampuan memecahkan masalah. Oleh karena itu, matematika sangatlah penting diajarkan sejak dini. Keberhasilan dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah pemilihan sebuah metode pembelajaran. Oleh karena itu peneliti membandingkan antara dua metode pembelajaran yang berbeda dan penelitan ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran reciprocal teaching dengan metode ceramah pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 4 Lamongan. Jenis penelitian ini adalah komparatif yaitu membandingkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran reciprocal teaching dengan metode ceramah pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 4 Lamongan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Lamongan tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 186 peserta didik dan terbagi kedalam 7 kelas. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII D sebagai kelas metode reciprocal teaching dan kelas VIII B sebagai kelas dengan metode ceramah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan instrumen penelitiannya lembar tes. Dari hasil analisa data uji homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas tersebut berasal dari populasi yang homogen, dan dari hasil analisa data uji normalitas diperoleh bahwa kedua kelas tidak berdistribusi normal maka teknik analaisa data yang digunakan adalah uji Kruskal wallis. Berdasarkan uji kruskal wallis didapatkan bahwa nilai signifikan < 0,05, artinya ada perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran reciprocal teaching dengan metode ceramah pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 4 Lamongan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Additional Information: FARIS YUSTIONO (08421027)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran reciprocal teaching dan metode ceramah.
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 26 Aug 2019 12:27
Last Modified: 26 Aug 2019 12:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2808

Actions (login required)

View Item View Item