INDAH, NUR ROCHMA NOVIA (2015) “HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP SISTEM POIN PELANGGARAN DENGAN TINGKAT PERILAKU DISIPLIN SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK”. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
BAB 1.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang hubungan antara persepsi terhadap sistem poin pelanggaran dengan tingkat perilaku disiplin siswa di SMA muhammadiyah 1 Gresik. Perilaku disiplin siswa merupakan tindakan atau perbuatan siswa yang dapat diamati secara langsung yang ditunjukkan dengan nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, dan ketertiban sebagai bentuk kesediaan siswa. Perilaku siswa dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kehadiran, pakaian, lingkungan sekolah dan etika, estetika, dan sopan santun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi terhadap sistem poin pelanggaran dengan tingkat perilaku disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Berdasarkan pendekatannya termasuk dalam tipe penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Gresik tahun pelajaran 2014-2015. Untuk mengukur persepsi terhadap sistem poin pelanggaran menggunakan pilihan jawaban Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS), dan Sangat Tidak Sesuai (STS). Sedangkan untuk mengukur perilaku disiplin siswa menggunakan pilihan jawaban Sangat Sering (SS), Sering (S), Pernah (P), dan Tidak Pernah (TP).Untuk menguji validitas skala menggunakan validitas isi (Content Validity). Reliabilitas diuji dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach dan perhitungannya menggunakan program SPSS 15.0 for Windows. Data kedua variabel diolah dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan r hitung = 0,327 lebih besar daripada r tabel yaitu sebesar 0,1723 yang berarti signifikan. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara persepsi terhadap sistem poin pelanggaran dengan tingkat perilaku disiplin siswa di SMA Muhammadiyah 1 Gresik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 03:41 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 03:41 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2825 |
Actions (login required)
View Item |