MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE GUIDE DISCOVERY LEARNING DENGAN EKSPOSITORI PADA MATERI LIMAS DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI KEBOMAS

FATMAWATI, LIANA (2012) MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE GUIDE DISCOVERY LEARNING DENGAN EKSPOSITORI PADA MATERI LIMAS DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak 2.pdf

Download (306kB)
[img] Text
c bab 1.pdf

Download (26kB)
[img] Text
d bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
e bab 3.pdf

Download (129kB)
[img] Text
f bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
g DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah merupakan sarana berpikir yang jelas, kritis, kreatif, sistematis, dan logis. Di sini juga sebagai arena untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari, mengenai pola-pola hubungan dan pengembangan kreatifitas. Hal ini menyebabkan matematika dipelajari di sekolah oleh semua peserta didik dari SD hingga SMA. Untuk itulah para pendidik perlu memilih metode pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan materi yang diajarkan. Pengelolaan proses pembelajaran yang efektif merupakan titik awal keberhasilan pembelajaran yang akan meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran matematika. Para pendidik harus pandai dalam menyampaikan materi pelajaran dan juga harus mampu menumbuhkan semangat peserta didik untuk belajar matematika dan merancang pembelajaran yang dapat membantu mengatasi kesulitan-kesulitan peserta didik dalam mempelajari matematika. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang menggunakan metode guide discovery learning dengan ekspositori pada materi limas VIII SMP Muhammadiyah 4 Giri Kebomas Gresik. Jenis penelitian ini adalah komparatif yaitu membandingkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode guide discovery learning dengan ekspositori pada materi limas. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Giri Kebomas tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 41 peserta didik dan terbagi ke dalam 2 kelas. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII.A sebagai kelas guide discovery learning dan kelas VIII.B sebagai kelas ekspositori. Dari hasil analisa data uji normalitas diperoleh bahwa kedua kelas tidak berdistribusi normal maka teknik analisis data yang digunakan adalah uji Mann Whitney (Uji U). Berdasarkan uji Mann Whitney didapatkan bahwa nilai signifikan < 0,05, artinya ada perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan metode guide discovery learning dan metode ekspositori di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Giri Kebomas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Additional Information: LIANA FATMAWATI (08422009)
Uncontrolled Keywords: Guide Discovery Learning, Ekspositori
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 27 Aug 2019 12:03
Last Modified: 27 Aug 2019 12:03
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2847

Actions (login required)

View Item View Item