WULANDARI, NILA (2018) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATERI SEGI EMPAT DI MTS. NURUL ISLAM PONGANGAN MANYAR GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Abstrak baru.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematika dapat dilihat dari beberapa indikator. Namun banyak peserta didik yang kurang mengembangkan kemampuan pemahaman konsep dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan materi segi empat. Faktor penyebab kurangnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik terletak pada pembelajaran yang belum tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendepskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining(SFaE) di MTs. Nurul Islam Pongangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-A MTs. Nurul Islam Pongangan sebanyak 25 peserta didik tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode tes. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi segi empat melalui pembelajaran Student Facilitator and Explaining(SFaE). Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan kategori sangat baik sebanyak 7 peserta didik atau dengan persentase 28%. Dan kategori baik sebanyak 18 peserta didik atau dengan persentase 72%. Jadi diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII-A MTs. Nurul Islam Pongangan dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFaE) tergolong baik dengan rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep sebesar 79,14 %.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 00:29 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 01:45 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/297 |
Actions (login required)
View Item |