HUBUNGAN ANTARA STRATEGI SELF REGULATED LEARNING DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA KELAS SORE PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA DAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK YANG BEKERJA

CHASANAH, DWI USWATUN (2019) HUBUNGAN ANTARA STRATEGI SELF REGULATED LEARNING DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA KELAS SORE PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA DAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK YANG BEKERJA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara strategi self regulated learning dengan resisiliensi akademik pada mahasiswa kelas sore Program Studi Teknik Informatika dan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Gresik yang bekerja. Penelitian ini merupakan tipe penelitian korelasional, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Sedangkan penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan toleransi 10% yaitu sebanyak 97 subjek. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Adapun skala yang digunakan yaitu skala Likert dengan 4 (empat) alternatif jawaban. Uji validitas skala menggunakan validitas isi. Uji reliabilitas skala menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan korelasi spearman rank dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan nilai r = 0,656 p = 0,000 (p<0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara strategi self regulated learning dengan resiliensi akademik pada mahasiswa kelas sore Program Studi Teknik Informatika dan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Gresik yang bekerja. Adapun sumbangan variabel strategi self regulated learning dengan resiliensi akademik pada mahasiswa kelas sore Program Studi Teknik Informatika dan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Gresik yang bekerja, sebesar 43% sedangkan sisanya 57% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Gresik yang bekerja cenderung memiliki strategi self regulated learning dan resiliensi akademik dalam kategori sedang dengan prosentase pada strategi self regulated learning sebesar 75,2%, sedangkan pada resiliensi akademik sebesar 70,1%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Self Regulated Learning, Resiliensi Akademik, Mahasiswa Bekerja, Mahasiswa Teknik Informatika, Mahasiswa Teknik Elektro
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 19 Sep 2019 06:24
Last Modified: 19 Sep 2019 06:24
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item