PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN GEOGEBRA UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

AS SYADIYAH, HALIMAH (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN GEOGEBRA UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Abstrak (viii-ix).pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bismillah BAB I (1-5).pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bismillah BAB II (6-28).pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bismillah Bab III (29-32).pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
Bismillah BAB IV (33-50).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img]
Preview
Text
Bismillah BAB V (51).pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka (52-54).pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi merupakan bagian yang esensial bagi matematika dan pendidikan matematika. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan peserta didik dalam menyampaikan ide atau gagasan dalam menyelesaikan soal-soal matematika baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media Geogebra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G SMP Negeri 2 Cerme yang berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis tulis dan metode wawancara digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VII G SMP Negeri 2 Cerme memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Dengan rincian sebanyak 12 dari 32 peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi, 14 dari 32 peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang, dan 6 dari 32 peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis rendah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Gogebra
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 23 Oct 2019 09:10
Last Modified: 23 Oct 2019 09:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item