PERANCANGAN RUTE PENGIRIMAN BERAS DIWILAYAH GRESIK-SURABAYA DENGAN METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM “Studi Kasus UD. Basori Anshor”

Prasetiyo, M. Zoki (2018) PERANCANGAN RUTE PENGIRIMAN BERAS DIWILAYAH GRESIK-SURABAYA DENGAN METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM “Studi Kasus UD. Basori Anshor”. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB VI Baru.pdf

Download (91kB)

Abstract

Pendistribusian merupakan salah satu factor penting dalam sebuah perusahaan, perusahaan menggunakan 6 armada pengiriman dengan total kapasitas 6 truck 48.000 Kg atau 1.920 bungkusuntukmendistribusikan 32.500 Kg atau 1.300 bungkus permintaan di 145 toko yang tersebar di wilayah Gresik - Surabaya. Masing-masing armada pengiriman memiliki kapasitas daya angkut maksimal 8000 kg atau 320 bungkus Beras dalam kemasan 25 Kg dan pendistribusiannya dilakukan 2 hari dalam seminggu kesetiap toko pelanggannya. Pada saat ini perusahaan memiliki masalah pada kendaraan yang belum mengoptimalkan kapasitas daya angkut kendaraan untuk mendistribusikan beras ke 145 lokasi toko pelanggannya di wilayah gresik - surabaya. Distribusi yang efisien dan efektif sangat diperlukan karena perusahaan ini mendistribusikan ke 145 toko tujuan yang tersebar di wilayah gresik – Surabaya sehingga harus ditentukan toko yang dikunjungi terlebih dahulu dengan mempertimbangkan kapasitas daya angkut kendaraan. Untuk mengoptimalkan pendistribusian digunakan metode Vehicle Routing Problem (saving matrix) dan metode nearst neighbour. Metode ini dapat digunakan untuk memaksimalkan kapasitas daya angkut kendaraan dan meminimalkan total jarak tempuh kendaraan. Dari pengolahan data menggunakan metode saving matrix dan metode nearst neighbour didapatkan 5 rute baru yang optimal dari yang sebelumnya 6 rute actual perusahaan, sehingga dapat diketahui bahwa terjadi penghematan jarak tempuh sebesar 69,2 Km/hari, dari total jarak tempuh awal kendaraan 512,94 Km/hari menjadi 443,74 Km/hari.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 19 Oct 2018 00:27
Last Modified: 08 Mar 2019 02:58
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item