MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA KELAS III SD MA’ARIF NU 45

MASRUROH, AINUN (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA KELAS III SD MA’ARIF NU 45. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran picture and picture pada kelas III SD Ma’arif nu 45 tahun ajaran 2018/2019 melalui model pembelajaran picture and picture. Picture and picture merupakan suatu metode pembelajaran yang mengunakan gambar yang dipasangkan dan diurutkan menjadi urutan yang logis. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Arikunto dengan mengunakan dua siklus. Subjek penelitian terdapat sebanyak 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi untuk mengobservasi peserta didik dan tes berbicara untuk menilai keterampilan brbicara peserta didik dengan mengunakan model pembelajaran picture and picture. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan peningkatan kemampuan berbicara pada peserta didik. ada siklus 1 ketuntasan klasikal mencapai 63,1 % . Sedangkan pada siklus 2 mencapai ketuntasan klasikal yakni sebesar 78,9 % dalam katagori baik. Observasi peserta didik didapatkan rata-rata sebesar 65.6 % pada siklus 1 dalam katagori cukup. Sedangkan pada siklus 2 rata-rata sebesar 81,25 % penilaian hasil observasi pesrta didik pada siklus 2 dengan terlaksanakan pada siklus 1 dan 2 mengalami peningkatan sebesar 15,65 % sedangkan ketercapaian peserta didik yang tuntas didapatkan 15 peserta didik atau 78,9 % peserta didik yang telah tuntas KKM. Model pembelajaran picture and picture sangat mudah digunakan pendidik dalam mengajarkan keterampilan berbicara ke peserta didik. Cara menerapkan model picture and picture adalah dengan mengunakan media gambar yang susunanya tidak runtut. Kemudian siswa disuruh untuk memasangkan gambar menjadi urutan yang runtut.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, picture and picture
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 12 Nov 2019 12:09
Last Modified: 12 Nov 2019 12:09
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3350

Actions (login required)

View Item View Item