PENGARUH KEAKTIFAN PESERTA DIDIK BERORGANISASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN SEDERAJAT SE-KECAMATAN KEBOMAS

RAHARJO, M. CHOIRUL EKO (2019) PENGARUH KEAKTIFAN PESERTA DIDIK BERORGANISASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN SEDERAJAT SE-KECAMATAN KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
1.6 ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Kualitas mutu pendidikan di Indonesia ditentukan melalui hasil belajar. Menurut para ahli, hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal yang memengaruhi hasil belajar adalah kegiatan organisasi yang ada di sekolah. Dari beberapa penelitian menyatakan bahwa keaktifan peserta didik berorganisasi berpengaruh terhadap hasil belajar, beberapa lainnya menyatakan bahwa keaktifan peserta didik berorganisasi tidak memengaruhi hasil belajar. Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel keaktifan peserta didik berorganisasi terhadap hasil belajar peserta didik sekolah menengah atas dan sederajat se-Kecamatan Kebomas. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI sekolah menengah atas dan sederajat se-Kecamatan Kebomas tahun pelajaran 2018/2019, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 260 peserta didik yang diperoleh dengan teknik Simple Random Sampling. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket keaktifan organisasi dan dokumentasi hasil belajar diperoleh dari nilai rata-rata UAS semester ganjil. Hasil penelitian yang diperoleh adalah harga thitung sebesar 0.626 lebih besar dari ttabel 1,651 pada taraf signifikansi 5% dan persamaan regresi yakni Y = 83.659 + 0.004X. koefisien korelasi sebesar 0,039; koefisien determinasi sebesar 0,002 yang berarti hasil belajar 100% tidak dipengaruhi oleh keaktifan peserta didik berorganisasi; Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima sehingga keaktifan peserta didik berorganisasi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keaktifan berorganisasi, hasil belajar
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 14 Nov 2019 13:08
Last Modified: 14 Nov 2019 13:08
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3362

Actions (login required)

View Item View Item