PENGGUNAAN PERMAINAN MONOPOLI EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIM 1 PANTENAN

IZZATI, ZUHRINA AULIA (2019) PENGGUNAAN PERMAINAN MONOPOLI EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MIM 1 PANTENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB 1. (1-7)docx.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB II (8-36).pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB III. (36-44).pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB IV (45-57) (Autosaved).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
BAB V (58).pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara, guru belum menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yang terkesan monoton karena tidak ada tuntutan bagi siswa untuk berpikir kreatif dalam mengembangkan kemampuan dan tidak adanya media yang menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas V dengan penerapan media monopoli edukatif di MIM 1 Pantenan materi tokoh-tokoh kemerdekaan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan empat tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIM 1 Pantenan Panceng Gresik yang berjumlah 22 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh siklus 1 63,63 % siswa tuntas dan sebanyak 36,37% siswa tidak tuntas, sedangkan pada sikus II sebanyak 86,36% siswa tuntas dan sebanyak 13,64% siswa yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media monopoli edukatif, hasil belajar
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:06
Last Modified: 21 Nov 2019 04:06
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3373

Actions (login required)

View Item View Item