PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAMMENDISIPLINKAN SHALAT BERJAMA’AH PESERTADIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 GRESIK

ANGGRAINI, NURULLIA (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAMMENDISIPLINKAN SHALAT BERJAMA’AH PESERTADIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 3 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Shalat adalah media komunikasi antara makhluk dan sang khalik. Shalat adalah pencegah dari perbuatan keji dan munkar. Kalau melihat realita sekarang di kalangan remaja sudah banyak terjadi kelalaian dalam banyak hal. Oleh karena itu, perlu adanya kebiasaan shalat berjama’ah di sekolah agar pembiasaan baik sejak dini tertanam dalam diri remaja. Penelitian ini difokuskan pada peran guru PAI dalam mendisiplinkan shalat berjama’ah peserta didik di SMK Muhammadiyah 3 Gresik dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) peran guru PAI dalam mendisiplinkan shalat berjama’ah peserta didik (2) faktor pendukung dan penghambat dalam mendisiplinkan shalat berjama’ah peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan metode deskriptif kualitatif, adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru memberikan contoh (sebagai tauladan yang baik), memberikan nasihat yang baik, memberikan hukuman, (2) kerjasama yang baik antara guru PAI dan guru yang lain, peran guru PAI yang berjalan dengan baik, lokasi, dan waktu. Dengan diadakan shalat berjama’ah di sekolah maka akan menjadikan siswa terbiasa melakukan shalat berjama’ah dimanapun dengan tepat waktu. Kegiatan ini sangat baik dilaksanakan karena sesuai dengan kurikulum tentang shalat yang selanjutnya dapat mengaplikasikan kegiatan di sekolah maupun di rumah. Kegiatan shalat berjama’ah tersebut dengan maksud untuk mendisiplinkan shalat berjama’ah peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Kedisiplinan, Shalat berjama’ah
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 10 Jan 2020 05:57
Last Modified: 10 May 2020 04:47
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3429

Actions (login required)

View Item View Item