PERENCANAAN RUTE PENGIRIMAN TABUNG GAS LPG 3 KG DI WILAYAH KECAMATAN SIDAYU, BUNGAH, DUKUN, UJUNG PANGKAH, DAN PANCENG DENGAN METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM “Studi Kasus di UD. Damai Jaya”

GHOFUR, ABDUL (2018) PERENCANAAN RUTE PENGIRIMAN TABUNG GAS LPG 3 KG DI WILAYAH KECAMATAN SIDAYU, BUNGAH, DUKUN, UJUNG PANGKAH, DAN PANCENG DENGAN METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM “Studi Kasus di UD. Damai Jaya”. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB VI.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

UD. Damai Jaya yang berlokasi di Jalan Raya Deandles Doudo, Panceng, Kabupaten Gresik, adalah salah satu agen yang mendistribusikan tabung gas LPG 3 kg ke 150 pelanggannya yang tersebar di wilayah Kecamatan Sidayu, Bungah, Dukun, Ujung Pangkah dan Panceng dengan menggunakan semua kendaraannya yang berjumlah 6 truk armada dengan kapasitas maksimal setiap kendaraan adalah 360 tabung gas LPG 3 kg. Namun saat ini, dalam pengirimannya belum memaksimalkan kapasitas setiap kendaraannya. Rute yang digunakan tidak mempertimbangkan jarak yang dilalui kendaraan sehingga rute yang dilalui menghasilkan jarak dan waktu tempuh yang kurang efisien. Untuk meningkatkan efisiensi pada saat pengiriman tabung gas LPG 3 kg diperlukan suatu metode yang tepat sehingga pendistribusian berjalan dengan efisien. Vehicle Routing Problem (Saving Matrix) merupakan suatu metode yang digunakan untuk menentukan rute baru dengan mengoptimalkan kapasitas maksimal daya angkut kendaraan dan metode Nearst Neighbour untuk meminimalkan total jarak tempuh kendaraan. Hasil pengolahan data yang diperoleh yaitu 5 rute baru dengan kapasitas yang optimal dari yang sebelumnya 6 rute aktual dari UD. Damai Jaya dan penghematan jarak tempuh sebesar 383,44 Km, dari total jarak tempuh awal kendaraan 727,01 Km menjadi 343,57 Km.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 19 Oct 2018 23:55
Last Modified: 08 Mar 2019 02:46
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/365

Actions (login required)

View Item View Item