MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SIFATSIFAT CAHAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN 1 RANDUAGUNG

Atiyah, Afidhatul (2018) MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SIFATSIFAT CAHAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN 1 RANDUAGUNG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep cahaya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V di SDN 1 Randuagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas V SDN 1 Randuagung. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian Arikunto. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep siswa, lembar observasi siswa dan guru digunakan untuk mengukur keterlaksanaannya aktivitas siswa dan guru dalam penerapan model pembelajaran inkuiri. Analisis data yang digunakan adalah analisis data penguasaan konsep dan analisis data observasi. Bedasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerpan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan penguasaan konsep cahaya siswa kelas V SDN 1 Randuagung. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai penguasaan konsep pada siklus I yaitu 38,88% yang mengalami peningkatan pada siklus II dengan tetap menerapkan model pembelajaran inkuiri yakni dengan ratarata 86,11%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 19 Oct 2018 23:55
Last Modified: 08 Mar 2019 01:14
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item