PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WAYANG BEBER PADA POKOK BAHASAN MENDONGENG KELAS II SEKOLAH DASAR

Yuyun, Yuliasari (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WAYANG BEBER PADA POKOK BAHASAN MENDONGENG KELAS II SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (341kB)
[img] Text
halaman pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (545kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (595kB)

Abstract

Pengembangan Media pembelajaran Pembelajaran Berbasis Wayang Beber pada Pokok Bahasan Mendongeng Kelas II Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Universitas Muhammadiyah Gresik. (Dibimbing oleh Ismail Marzuki, dan Afakhrul Masub Bakhtiar) Inovasi dalam dunia pendidikan harus dilakukan selaras dengan perkembangan zaman. Pengembangan media pembelajaran berbasis kearifan lokal mampu menghadirkan kultur dari kebudayaan bangsa Indonesia.Wayang Beber merupakan wayang tertua yang ada di Indonesia. Kondisinya hampir punah karena tidak pernah dipentaskan, berbeda dengan wayang kulit yang masih sering dipentaskan pada acara-acara tertentu. Melalui pendidikan diharapkan wayang Beber bisa dikenalkan dari generasi ke generasi. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Wayang Beber Pada Pokok Bahasan Mendongeng. Mendongeng sendiri merupakan keterampilan berbicara yang unik bukan hanya keterampilan berkomunikasi, tetapi didalamnya terdapat nilai seni. Cerita dongeng menjadi sangat berkesan bagi peserta didik jika dipadukan dengan wayang Beber. Pengembangan media dilakukan dengan metode penelitian pengembangan yang kemudian melahirkan media berbasis wayang Beber. Model pengembangan dengan mengadaptasi model 4-D yang dimodifikasi dan disederhanakan yaitu define (pendefisian), design (perancangan), devolep (pengembangan), disseminate (penyebaran). Penelitian ini menggunakan instrument validasi dari dalam datanya. Hasil validasi media pembelajaran berbasis wayang Beber pada pokok bahasan mendongeng dinyatakan sangat valid karena menghasilkan presentase sebesar 85,9%. Dikatogerikan praktis karena dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Wayang Beber, Mendongeng
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Yuyun Yuliasari
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:25
Last Modified: 21 Oct 2020 14:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item View Item