PEMBELAJARAN PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BALOK KAYU DI KELAS IV MI NURUL ISLAM PONGANGAN MANYAR GRESIK

Mujtahidah, Hidayatul (2008) PEMBELAJARAN PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BALOK KAYU DI KELAS IV MI NURUL ISLAM PONGANGAN MANYAR GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (5kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (6kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di SD masih banyak masalah baik dari segi siswa, metode penyampaian, maupun media yang digunakannya. Salah satu materi yang dikeluhkan mereka adalah tentang bilangan bulat dan operasinya. Berdasarkan temuan di lapangan pula, ternyata buku-buku yang dijadikan pegangan guru tidak dapat dijadikan pedoman untuk menyampaikan materi bilangan bulat secara benar. Di samping banyak terjadi kesalahan konsep, penyampaian materi disampaikan secara abstrak dan tidak memperhatikan taraf berpikir anak. Oleh karena itu penulis ingin memberikan salah satu cara alternatif menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan media balok kayu. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan respon siswa terhadap penggunaan media balok kayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Deskriptif yang dilakukan adalah penjabaran, dengan perhitungan rata-rata maupun prosentase dari hasil yang didapat baik itu dari lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika, hasil tes belajar siswa, serta respon siswa. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas siswa serta lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, tes hasil belajar siswa, serta angket respon siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 79,41% siswa aktif selama pembelajaran, nilai yang diperoleh guru dalam pembelajaran matematika sebesar 82,29, ketuntasan belajar siswa mencapai 85,29%, serta respon siswa dinyatakan positif dengan hasil sebesar 89,34% pada pembelajaran matematika dengan menggunakan media balok kayu di kelas IV MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, Media balok kayu.
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2020 04:04
Last Modified: 27 Nov 2020 04:04
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4205

Actions (login required)

View Item View Item