Pengaruh csr disclosure terhadap earning response coefficient (Suatu studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Rohman, Athour (2012) Pengaruh csr disclosure terhadap earning response coefficient (Suatu studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (915kB)

Abstract

Kegiatan ekonomi dan pembangunan pada umumnya berdampak positif bagi kemajuan bangsa. Bagaimanapun juga ada dampak negatifnya. Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial ini muncul akibat adanya konflik antara masyarakat sekitar dengan perusahaan akibat dampak negatif yang timbul akibat keberadaan suatu perusahaan dalam suatu lingkungan tertentu. Akuntansi untuk mengukur kegiatan pertanggungjawaban sosial perusahaan dikenal dengan akuntansi sosial. Penelitian ini bertujuan melakukan implementasi prinsip dasar good corporate governance mengharuskan perusahaan untuk memberikan laporan bukan hanya kepada pemegang saham, calon investor, kreditur, dan pemerintah semata tetapi juga kepada stakeholders lainnya termasuk karyawan dan masyarakat. Pengungkapan corporate Social Responsibility/tanggung jawab sosial perusahan dalam laporan tahunan dapat dikelompokkan berdasarkan tema yang diungkap, tipe pengungkapan, tingkat pengungkapan, maupun lokasi dimana tanggung jawab sosial tersebut diungkapkan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 perusahaan yang dikategorikan perusahaan manufaktur. Perusahaan yang menjadi sampel telah mempublikasikan laporan tahunannya. Jenis data yang digunakan adalah data documenter, yaitu laporan keuangan perusahaan dan daftar volume perdagangan saham harian. Sedangkan sumber data berasal dari PT. Bursa Efek Indonesia dan data yang diperoleh diolah serta dianalisis dengan tehnik regresi sederhana yang menggunakan alat bantu computer dengan program spss 13.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis I yang menyatakan bahwa informasi CSR berpengaruh terhadap ERC tidak teruji kebenarannya. Hal tersebut terlihat dalam uji t, yaitu diperoleh t hitung (0,649) lebih kecil dari t tabel (2,048) yang berarti bahwa Ho diterima dan H1 ditolak. Hal ini berarti bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap variabel Earning Response Coefficient

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Earning Response Coefficient, tema, tingkat, tipe, lokasi Pengungkapan.
Subjects: Economic And Business > Accounting
Economic And Business
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Library of Congress Subject Areas > Accounting Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2020 00:31
Last Modified: 11 Dec 2020 00:31
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4500

Actions (login required)

View Item View Item