PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATERI POKOK SIFAT-SIFAT SEGI EMPAT KELAS VII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 5 BUNGAH

Sulfiyah, Ani (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATERI POKOK SIFAT-SIFAT SEGI EMPAT KELAS VII SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH 5 BUNGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang studi yang kurang diminati dan dianggap sulit oleh peserta didik. Hal ini terjadi karena peserta didik menganggap matematika adalah suatu bidang studi yang menekankan pada perhitungan bilangan-bilangan dan rumus yang sulit. Penyajian yang kurang kongkrit sehingga peserta didik tidak menyukai materi yang diajarkan. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih menyukai materi yaitu dengan model pembelajaran induktif dengan menggunakan alat peraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran ketika menerapkan model pembelajaran induktif dengan menggunakan alat peraga pada materi pokok sifatsifat segi empat. (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik dikelas VII SMP Muhammadiyah 5 Bungah setelah pelaksanaan pembelajaran induktif dengan menggunakan alat peraga pada materi pokok sifat-sifat segi empat. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP MUHAMMADIYAH 5 Bungah yang berjumlah 24 peserta didik sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain ” One Shot Case Study”. Metode pengumpulan data adalah meliputi metode observasi dan metode tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran ketika menerapkan model pembelajaran induktif dengan menggunakan alat peraga pada sub materi pokok sifat-sifat segiempat di kelas VII SMP MUHAMMADIYAH 5 Bungah adalah 84,20 dengan kategori baik, (2)Hasil belajar peserta didik kelas VII SMP MUHAMMADIYAH 5 Bungah yang diperoleh setelah pembelajaran induktif dengan menggunakan alat peraga pada sub materi pokok sifat-sifat segiempat adalah tuntas secara klasikal dengan persentase ketuntasan sebesar 91,6 %

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Induktif, Alat Peraga
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2020 08:33
Last Modified: 11 Dec 2020 08:33
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4518

Actions (login required)

View Item View Item