PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA ELECTRIC SOLAR SYSTEM KELAS VI DI MI-AL-MA’ARIF SUKOMULYO

Hasanah, Niswatun (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA ELECTRIC SOLAR SYSTEM KELAS VI DI MI-AL-MA’ARIF SUKOMULYO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (298kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (661kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran electric solar system untuk materi tata surya pada kelas VI di MI-AL-MA’ARIF Sukomulyo. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model 4-D yang dimodifikasikan dan disederhanakan yaitu : pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan tanpa melakukan penyebaran (Disseminate). Hasil pengembangan media electric solar system berupa miniatur tata surya yang menggunakan sterefoam pada bagian planet, motor listrik sebagai penggerak utama. Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik yang berjumlah 29 peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran, angket respon peserta didik. Dengan analisis data yaitu, analisis kevalidan media pembelajaran, analisis kepraktisan media pembelajaran, dan efektif media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data hasil validasi dan data uji coba diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran electric solar system untuk materi tata surya kelas VI MI-AL-MA’ARIF Sukomulyo memenuhi kriteria baik, yang sebagai berikut: a) hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh validatormemperoleh presentase 88,89 % yang dikategorikan valid dan dapat digunakan saat proses pembelajaran, b) dikategorikan praktis dari analisis dalam kepraktisan media pembelajaran oleh validator menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi, c) dikategorikan efektif dari hasil perolehan respon peserta didik terhadap media Electric Solar sebesar 88,83 %, maka dapat dikatakan posistif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model 4-D, Electric Solar System
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Niswatun Hasanah
Date Deposited: 17 Feb 2021 15:52
Last Modified: 17 Feb 2021 15:52
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4709

Actions (login required)

View Item View Item