GAMBARAN STRATEGI COPING STRESS MENGHADAPI BELAJAR DARI RUMAH DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XI DI SMA “X”

Ramadhan, Andre Firmansyah Thaharah (2021) GAMBARAN STRATEGI COPING STRESS MENGHADAPI BELAJAR DARI RUMAH DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XI DI SMA “X”. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (386kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (370kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (347kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran strategi coping stress menghadapi belajar dari rumah dalam situasi pandemi Covid-19 pada siswa kelas XI MIPA di SMA “X” yang meliputi aspek stres siswa, bentuk strategi coping stress siswa, dan faktor yang mempengaruhi strategi coping stress. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua siswa kelas XI MIPA di SMA “X” yang menghadapi belajar dari rumah dalam situasi pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman. Teknik kredibilitas yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi coping stress dilihat dari (1) aspek stres, menunjukan bahwa subjek mengalami gangguan pada aspek biologis, psikologis dan juga perilaku sosial selama menjalani program belajar dari rumah. (2) strategi coping stress yang digunakan adalah problem focused coping dan emotion focused coping. (3) faktor yang mempengaruhi strategi coping stress meliputi kesehatan fisik, keyakinan atau pandangan positif subjek, keterampilan memecahkan masalah, keterampilan sosial, dukungan sosial, dan materi yang dimiliki oleh subjek. Disarankan bagi peneliti selanjutnya yang akan mengangkat tema penelitian yang sama untuk dapat lebih dalam menggali strategi coping stress dan lebih menangkap fenomena yang terjadi pada murid dalam menghadapi belajar dari rumah sehingga hal-hal yang belum dapat tergambar dalam penelitian ini dapat diangkat menjadi sebuah isu temuan yang lebih tajam dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi coping stress, Pandemi Covid-19, Siswa
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Andre Firmansyah Thaharah Ramadhan
Date Deposited: 15 Mar 2021 04:38
Last Modified: 15 Mar 2021 04:38
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4818

Actions (login required)

View Item View Item