Ramadhan, Andre Firmansyah Thaharah (2021) GAMBARAN STRATEGI COPING STRESS MENGHADAPI BELAJAR DARI RUMAH DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XI DI SMA “X”. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (507kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran strategi coping stress menghadapi belajar dari rumah dalam situasi pandemi Covid-19 pada siswa kelas XI MIPA di SMA “X” yang meliputi aspek stres siswa, bentuk strategi coping stress siswa, dan faktor yang mempengaruhi strategi coping stress. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua siswa kelas XI MIPA di SMA “X” yang menghadapi belajar dari rumah dalam situasi pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman. Teknik kredibilitas yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi coping stress dilihat dari (1) aspek stres, menunjukan bahwa subjek mengalami gangguan pada aspek biologis, psikologis dan juga perilaku sosial selama menjalani program belajar dari rumah. (2) strategi coping stress yang digunakan adalah problem focused coping dan emotion focused coping. (3) faktor yang mempengaruhi strategi coping stress meliputi kesehatan fisik, keyakinan atau pandangan positif subjek, keterampilan memecahkan masalah, keterampilan sosial, dukungan sosial, dan materi yang dimiliki oleh subjek. Disarankan bagi peneliti selanjutnya yang akan mengangkat tema penelitian yang sama untuk dapat lebih dalam menggali strategi coping stress dan lebih menangkap fenomena yang terjadi pada murid dalam menghadapi belajar dari rumah sehingga hal-hal yang belum dapat tergambar dalam penelitian ini dapat diangkat menjadi sebuah isu temuan yang lebih tajam dan lebih menarik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi coping stress, Pandemi Covid-19, Siswa |
Subjects: | Psychology Psychology > Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Andre Firmansyah Thaharah Ramadhan |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 04:38 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 04:38 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4818 |
Actions (login required)
View Item |