Wijayanti, Ninik (2014) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 CERME KELAS X. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMK N I Cerme Gresik”, ini ditulis oleh Ninik Wijayati Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam dibimbing oleh Drs. Man. Arfa Ladamay M. Pd Peneliti dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh peranan kurikulum dalam pendidikan formal di sekolah menengah kejuruan (SMK) sangatlah strategis dan menentukan untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI sangat menentukan berhasil tidaknya tujuan pendidikan tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran PAI dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMK N I Cerme Gresik ? 2) Bagaimana Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMK N I Cerme? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segisifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informasi. Hasil penelitiannya adalah (1)langkah-langkah pembelajaran PAI dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK N I Cerme Gresik dengan jalan 1) perencanaan yang dilakukan guru dengan menyiapkan perangkat pembelajaran yang mengacu pada Depag yang tentu saja isinya tetap mengacu pada rambu-rambu dan tujuan kurikulum yang berlaku.2) pelaksanaan dengan jalan a) Pembelajaran dilakukan di dalam kelas b) Metode ceramah masih sedikit mendominasi jalannya pembelajaran, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru. c) Tanya jawab yang ditetapkan sudah nampak atau sudah mendapat respon dari siswa. d) Diskusi berjalan dengan baik karena terdapat banyak siswa yang sudah dan berani menyampaikan pendapat. e)Sarana yang digunakan menggunakan pada LKS yang dimiliki siswa, papan tulis dikelas, alat tulis , buku paket dan Lcd proyektor. f) Membaca al-qur’an bersama-sama sedang untuk masing-masing siswa diwajibkan hafalan surat-surat pendek. g) Sebelum pembelajaran diakhiri siswa diberi tugas atau evaluasi untuk mengerjakan LKS pada materi yang telah diajarkan dan materi berikutnya. 3)Evaluasi dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes (2) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMK N I Cerme Gresik dengan 1) mengembangkan kurikulum 2013 dengan jalan mengembangkan dan memperkaya Silabus dan RPP. 20 Pelaksanaan pembelajaran dilakukan didalam kelas. 3) Evaluasi dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes yang meliputi (kongnitif, afektifdan sikomotorik). Tes yang berupa (pre-tes) tes awal, tes tengah, Post- test, tes ulangan dan tes sumatif berupa ulangan semester. Sedangkan non tes berupa tes tindakan dengan teknik penskoran yaitu ujian praktek.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementation, Curriculum 2013, PAI |
Subjects: | Islamic Education Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Ninik Wijayanti |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 02:40 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 02:40 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5109 |
Actions (login required)
View Item |