"PENGEMBANGAN ALAT EVALAUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TWO TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN SOFTWARE WONDERSHARE QUIZ CREATOR UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA"

Lestari, Sri Ayu (2021) "PENGEMBANGAN ALAT EVALAUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TWO TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN SOFTWARE WONDERSHARE QUIZ CREATOR UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA". undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
1. HALAMAN PERNYATAAN ORSINILITAS.pdf

Download (514kB)
[img] Text
2.HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (722kB)
[img] Text
4. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (915kB)
[img] Text
5.BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5.BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, evaluasi dapat digunakan untuk megetahui kemampuan koneksi matematika peserta didik. Kemampuan koneksi matematika peserta didik masih tergolong rendah karena peserta didik menganggap bahwa matematika pelajaran yang sulit, dan memiliki objek kajian abstrak yang merupakan bagian dari karasteristik matematika. Salah satu upaya untuk mengidentifikasi kemampuan koneksi matematika dengan memberikan tes evaluasi berbasis two tier multiple choice. Untuk memberikan rasa antusias pada peserta didik, evaluasi dapat dibuat dengan meanfaatkan aplikasi wondershare quiz creator. Tujuan Penelitian adalah mengembangkan alat evaluasi two tier multiple choice menggunakan wondershare quiz creator untuk mengidentifikasi kemampuan koneksi matematika Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian adalah kelas VII-D SMP Islamic Qon. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi, instrument tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya adalah: (1) alat evaluasi layak karena memenuhi 2 kriteria valid dan efektif. Kriteria valid berdasarkan penilaian ahli media sebesar 94% dan ahli materi sebesar 80%. Kriteria efektif dilihat dari respon peserta didik dan kualitas butir soal. Hasil respon peserta didik diperoleh 82% (sangat menarik). Sedangkan kualitas butir soal, uji validitas terdapat 1 soal tidak valid. Uji reliabilitas terdapat 1 soal tidak reliabel. Uji tingkat kesukaran terdapat 7 soal sedang, 3 soal mudah, dan tidak terdapat soal sulit. Uji daya pembeda terdapat 2 soal sangat baik, 6 soal baik, 2 soal cukup, dan tidak terdapat dalam kategori jelek. Efektivitas pengecoh terdapat 11 di tingkat pertama dan 6 pengecoh di tingkat kedua yang dipilih < 5% dari seluruh peserta didik. (2) Presentase koneksi matematika sangat tinggi 39,3%, persentase tinggi 46,4%, persentase cukup 3,6%, persentase rendah 3,6%, dan persentase sangat rendah 7,1%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan (R&D), alat evaluasi, two tier multiple choice, wondershare quiz creator, koneksi matematika
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Sri Ayu Lestari
Date Deposited: 06 Aug 2021 08:25
Last Modified: 06 Aug 2021 08:25
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5138

Actions (login required)

View Item View Item