STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XII PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NURUL ISLAM MANYAR

Maharsi, Dita Nurma (2021) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XII PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NURUL ISLAM MANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Keberadaan suatu lembaga pendidikan meskipun pada masa pandemic COvid-19 selalu ingin menghasilkan out put yang baik, berkualitas, dan bisa diandalkan. Hal ini terlihat salah satunya dengan tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dari sini banyak cara yang diupayakan pihak sekolah agar bisa maju dan memiliki kualitas pendidikan yang bagus, atau minimal sekolah yang memiliki nilai atau ciri tersendiri dibandingkan sekolah-sekolah lain. Diantaranya telah mengupayakan berbagai program untuk mengembangkan Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Bagaimana Mutu Pembelajaran PAI di Kelas XII pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Nurul Islam Gresik? 2) Bagaimana Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran PAI di Kelas XII pada masa Pandemi Covid-19 di SMK Nurul Islam Gresik? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula, yaitu berupa pemaparan dan penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nurul Islam Gresik ini sudah bagus, terbukti dengan adanya program yang direncanakan dan dilaksanakan sekolah dalam rangka menciptakan suasana lingkungan sekolah yang Islami, seperti: perilaku masyarakat sekolah yang baik, berbudi pekerti yang luhur, lingkungan sekolah yang bersih, sikap toleran antar sesama, dan lain sebagainya. Dalam mewujudkan program tersebut, banyak strategi yang ditempuh, salah satunya adalah penyusunan program pengembangan PAI, baik di dalam kegiatan belajar mengajar (di Kelas) maupun diluar kegiatan pembelajaran yang terus diupayakan. Untuk kegiatan di dalam kelas, ini diupayakan sepenuhnya oleh masing-masing guru kelas atau guru agama Islam, dalam hal ini guru agama berusaha menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang bervariatif serta mengupayakan bagaimana materi bisa diterima oleh siswa. Untuk kegitan di luar kelas banyak pihak yang terlibat, terutama semua guru dalam mendidik serta memberi contoh yang baik kepada siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi, mutu, pembelajaran, pendidikan agama Islam
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Dita Nurma Maharsi
Date Deposited: 16 Sep 2021 06:27
Last Modified: 16 Sep 2021 06:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5221

Actions (login required)

View Item View Item