ALIANSYAH, RETNO (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN SOAL OPEN-ENDED PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI SMP NU 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
bab I.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
bab II.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
bab III.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
|
Text
bab V.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Soal open-ended merupakan pertanyaan yang dibuat untuk memberikan peluang munculnya berbagai macam jawaban dengan berbagai strategi atau cara masing-masing untuk mengembangkan potensi intelektual dan pengalaman siswa dalam menemukan sesuatu yang baru serta dapat mengukur kemampuan berfikir kreatif siswa Selain pemberian masalah terbuka, pemilihan model pembelajaran yang tepat juga dapat mempengaruhi siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Salah satunya adalah model pembelajaran Think Pair Share. Model pembelajaran Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu keaktifan dan kekreatifan siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share memungkinkan siswa untuk bekerja sendiri dan bekerja sama dengan orang lain sehingga mengoptimalkan partisipasi siswa. Maka dari itu, pembelajaran matematika model Think Pair Share dengan menggunakan Soal open-ended baik untuk melatih pengetahuan siswa agar pembelajaran menjadi efektif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas pembelajaran matematika model Think Pair Share dengan menggunakan soal Open Ended pada materi kubus dan balok di SMP NU 2 Gresik dilihat dari 3 aspek yaitu pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru matematika kelas VIII dan siswa kelas VIII SMP NU 2 Gresik tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan pembelajaran oleh guru dilaksanakan dengan katagori baik (2) aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran telah dilaksanakan oleh siswa sehingga aktivitas siswa dikatakan aktif (3) hasil belajar siswa dari 22 siswa, 19 siswa melebihi nilai KKM yang ditentukan sekolah sehingga nilai hasil belajar siswa secara klasikal dikatakan tuntas dengan katagori sangat tinggi. Dengan demikian dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan pembelajaran matematika dengan model Think Pair Share dengan menggunakan Soal Open Ended dikatakan efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 00:41 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 01:35 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/715 |
Actions (login required)
View Item |