PERBEDAAN KREATIVITAS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER PADA MATERI BANGUN PERSEGI PANJANG KELAS VII DI SMP ISLAM NURUL QIDAMI BAWEAN SKRIPSI

PERMATASARI, INTAN (2018) PERBEDAAN KREATIVITAS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER PADA MATERI BANGUN PERSEGI PANJANG KELAS VII DI SMP ISLAM NURUL QIDAMI BAWEAN SKRIPSI. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img] Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
15. BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
16.BAB II.pdf

Download (355kB)
[img] Text
17. BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
19. BAB V.pdf

Download (85kB)

Abstract

Kreativitas dalam pembelajaran matematika lebih banyak dihubungkan dengan kemampuan peserta didik menyelesaikan masalah matematika. Beberapa akhli mengemukakan bahwa ada perbedaan kreativitas peserta didik laki-laki dan perempuan. Pada usia 12-13 tahun(usia sekolah SMP), sehingga peneliti tertarik ntuk mendeskripsikan kreativitas peserta didik SMP sehingga peneliti tertarik untuk melihat dan mendeskripsikan kreativitas peserta didik SMP laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bangun persegi panjang. Penelitian deskriptif ini dilakukan di SMP Islam Nurul Qidami kelas VIIA yang terdiri dari 19 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes uraian dalam menyelesaikan masalah matematika. Teknik analisis data menggunakan uji t. Dari hasil analisis data uji normalitas diperoleh bahwa kelas VIIA berdistribusi normal maka teknik analisa yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan uji t di dapatkan kolom Levene’s Test for Equality of Variances baris Equal variances assumed didapatkan nilai sig (p-value) = 0,062 lebih besar dari α = 0,05 maka sampel berasal dari varian yang sama atau homogen. Sehingga nilai sig (2-tailed) untuk uji-t (uji hipotesis) yang didapatkan adalah 0,222. Karena nilai sig (2-tailed) = 0,222 lebih besar dari α = 0,05, artinya tidak ada perbedaan kreativitas peserta didik laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika di SMP Islam Nurul Qidami bawean.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 16 Nov 2018 10:06
Last Modified: 08 Mar 2019 01:40
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item