Pengaruh Konsep Diri dan Regulasi diri Terhadap Fear of Missing Out (FoMO) Pada Mahasiswa Pengguna Instagram

Zahroh, Lailatuz (2022) Pengaruh Konsep Diri dan Regulasi diri Terhadap Fear of Missing Out (FoMO) Pada Mahasiswa Pengguna Instagram. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4 (3). pp. 1103-1109. ISSN 2685-9351

[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
4711

Download (33kB)
Official URL: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph...

Abstract

Fenomena kecemasan yang dirasakan oleh mahasiswa pengguna instagram seperti merasa ada yang hilang atau ketinggalan suatu informasi ketika individu atau kelompok lain sedang menjalankan aktivitas yang dirasa lebih penting daripada yang ia jalankan. Fenomena tersebut dapat disebut Fear Of Missing Out (FoMO). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Konsep Diri dan Regulasi Diri terhadap Fear of Missing Out (FoMO). Tipe penelitian yaitu dengan metode survei. Subjek yang digunakan adalah mahasiswa pengguna instagram sebanyak 170 dengan menggunakan teknik non probability sampling. Data dikumpulkan menggunakan Skala Fear of Missing Out, Skala Konsep Diri, dan Skala Regulasi Diri. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa konsep diri dan regulasi diri berpengaruh terhadap fear of missing out (FoMO) pada mahasiswa pengguna instagram (p<0,05). Prosentase pengaruh konsep diri dan regulasi diri sebesar 77,1% terhadap FoMO. Penelitian juga menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan FoMO sebesar 0,875 dan hubungan regulasi diri dengan FoMO sebesar 0,835. Rata-rata subjek berada di kategori sedang pada konsep diri, regulasi diri, dan FoMO

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fear of Missing Out (FoMO), Self Concept, Self Regulation
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Lailatuz Zahroh
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:24
Last Modified: 07 Mar 2023 03:24
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7411

Actions (login required)

View Item View Item