DIYANAH, EVA NUR (2018) MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS V-B MI MA’ARIF SIDOMUKTI GIRI GRESIK. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
|
Text
12. BAB V.pdf Download (169kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan pemahaman pada materi matematika yang bersifat teori. Materi matematika yang bersifat teori umumnya lebih sulit dipahami daripada materi matematika yang bersifat eksak/ hitungan salah satunya materi sifat-sifat bangun datar. Faktor yang menyebabkan sulitnya memahamkan materi bangun datar selama ini ditengarai karena metode yang digunakan hanya sekedar menghafal rumus dan cenderung membosankan. Sehingga, pemahaman materi yang terdapat dalam matematika sangat diperlukan untuk memahami matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi sifat-sifat bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada siswa kelas V-B di MI Ma’arif Sidomukti Giri Gresik dengan bantuan media pembelajaran Damar Kurung. Penelitian dilakukan dalam satu siklus dengan tiga kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan yaitu analisis hasil tes individu dan hasil ketuntasan belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B MI Ma’arif Sidomukti Giri Gresik pada semester genap tahun pelajaran 2017 – 2018 yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data disajikan dalam bentuk tes hasil belajar yang terdiri dari tes individu dan tes ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa hasil tes belajar menunjukkan ketuntasan sesuai dengan indikator keberhasilan, dimana jumlah siswa yang tuntas pada hasil tes individu sebanyak 28 siswa dan persentase nilai ketuntasan siswa secara klasikal sebesar 90% siswa tuntas dari total siswa dalam satu kelas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan pemahaman materi pada materi sifat-sifat bangun datar.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 09:43 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 01:14 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/746 |
Actions (login required)
View Item |