Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Koneksi Matematika Peserta Didik

Mardliyah, Roudlotul (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Koneksi Matematika Peserta Didik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi semua orang, untuk itu dalam memperoleh pendidikan yang layak dibutuhkan pendidik yang dapat mengelola proses pembelajaran dengan baik. Dalam proses pembelajaran seorang pendidik harus mampu menjadikan peserta didik untuk lebih aktif, maka dari itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi pembelajaran dalam matematika yaitu problem based learning. Strategi tersebut dapat mengarahkan peserta didik untuk berfikir sistematis dan mampu memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi problem based learning terhadap peningkatan koneksi matematika peserta didik. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Subyek penelitian kelas VIII D dan kelas VIII-E SMP Muhammadiyah 1 Gresik, dengan masing-masing 27 peserta didik. Kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes koneksi matematika adalah 3 butir soal berbentuk uraian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa koneksi matematika peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran problem based learning (kelas eksperimen) lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Hal ini dapat dilihat nilai sig = 0,003 < a (0,05) maka Ho ditolak. Dengan demikian pembelajaran matematika pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) dengan menggunakan strategi pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap koneksi matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 26 Mar 2019 02:17
Last Modified: 26 Mar 2019 02:17
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item View Item