PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAMENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF CIRC UNTUK SISWA KELAS V SDN PRAMBANGAN

Sa’diyah, Siti Fatimatus (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAMENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF CIRC UNTUK SISWA KELAS V SDN PRAMBANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Siti Fatimatus Sa’diyah. 2018Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Kooperatif CIRC untuk Siswa Kelas V SDN Prambangan Gresikdibimbing oleh Bapak Dr. Irwani Zawawi, dan Bapak Nanang Khoirul Umam, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran oleh guru sebagai tenaga pendidik. Pengembangan perangkat yang dituju oleh peneliti adalah perangkat RPP, media, LKS, dan, THB. Model yang digunakan peneliti dalam mengembangkan perangkat menggunakan model Thiagarajan 4-D. Subjek penelitian yang dilakukan peneliti terdiri dari 25 siswa kelas V di SDN Prambangan. Rancangan penelitian meliputi pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Sedangkan metode pengumpulan data meliputi teknik validasi, tes hasil belajar, dan angket respons siswa. Hasil penelitian ke-1 validasi RPP didapatkan rata-rata 77%, hasil ke-2 validasi media didapatkan rata-rata 81%, hasil ke-3 validasi LKS didapatkan rata-rata 83%, dan terakhir validasi THB didapatkan rata-rata 87%. Untuk tes hasil belajar siswa didapatkan 92% presentase siswa yang tuntas sedangkan 8% persentase siswa yang tidak tuntas. Angket respons siswa didapatkan presentase sebesar 68,8% termasuk dalam kategori baik. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan Thiagarajan 4-D sangat mudah digunakan oleh pendidik dikarenakan mampu melibatkan siswa aktif dalam kegiatan mengajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 01 Apr 2019 01:42
Last Modified: 01 Apr 2019 01:42
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item