kamilah, khomsatul (2022) PRODUCT INNOVATION & BUSINESS VALIDATION OF THE FROZEN CULINARY BUSINESS MODEL INDONESIAN MIGRANT WORKERS IN TAIWAN USE FOOD DESIGN THINKING AND BUSINESS MODEL CANVAS. conference.umg.ac.id, 19 (16). pp. 1-11.
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
2022_TA_KWU_180304008_JURNAL.pdf Download (529kB) | Preview |
Abstract
Pandemi Covid-19 memaksa dilakukannya pembatasan sosial, namun kegiatan penting yang menunjang kehidupan harus terus berjalan. Diantaranya adalah belajar mengembangkan bisnis dan berinovasi produk untuk Pekerja Migran Indonesia / PMI. Workshop online wirausaha PMI di Taiwan dirancang untuk memberikan ilmu, keterampilan dan mentalitas kewirausahaan agar bisa digunakan membuka usaha ketika kembali pulang ke tanah air. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses inovasi produk dan validasi usaha kuliner frozen food yang dilakukan PMI Taiwan dengan menggunakan Design Thinking dan bisnis model kanvas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan PAR (Participatory Action Research). Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Peneliti ikut serta dalam pelaksanaan workshop sebagai fasilitator. Analisis data menggunakan Miles and Huberman. Hasil penelitian proses inovasi usaha Kuliner frozen food diawali menentukan pelanggan, yaitu ibu rumah tangga yang memerlukan penghasilan tambahan selama di rumah. Peluang target pelanggan yang didefinisikan adalah bagaimana kita bisa meyakinkan kualitas produk online meskipun pemain baru. Solusi yang ditawarkan membuka toko online dan offline yang menyediakan produk terpilih yang lulus quality control, memiliki fitur join reseller, dan memberikan diskon. Prototype produk berupa web dan menggunakan instagram gerai purna PMI yang lengkap dengan fitur produk katalog, cara pemesanan dan pembayaran dan fitur produk diskon. Testing prototype kepada pelanggan mendapatkan respon positif dan ada beberapa fitur penyempurnaan. Model bisnis yang dirancang juga sudah divalidasi melalui elemen partner dan elemen target customer. Hasilnya distributor frozen food grosir, pemasok kemasan dan kurir logistic sudah tervalidasi bersedia diajak kerjasama. Sejumlah pelanggan yang ditargetkan juga valid menyatakan bahwa solusi yang kita tawarkan bisa menyelesaikan permasalahan mereka.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Produk, Validasi Bisnis Model, Bisnis Kuliner, Pandemi COVID-19 |
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Entrepreneurship |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Entrepreneurship Study Program |
Depositing User: | Khomsatul Kamilah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 07:29 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 07:29 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9208 |
Actions (login required)
View Item |