MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT MENGGUNAKAN MEDIA POTAKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN DERMO

Sa’diyah, Nur Halimatus (2019) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT MENGGUNAKAN MEDIA POTAKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN DERMO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Kenyataan dilapangan bahwa peserta didik kurang tertarik terhadap matematika sehingga perlu adanya penggunaan model dan media untuk menarik minat belajar peserta didik salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan media POTAKA. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan aktivitas peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan menggunakan media POTAKA agar peserta didik mudah memahami pelajaran dan membuat pembelajaran yang lebih bermakna dan (2) peningkatan pemahaman konsep bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media POTAKA dikelas V SDN Dermo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Terdiri dari dua siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang dipilih oleh peneliti peserta didik kelas V SDN Dermo Benjeng Gresik, tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 15 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan, Pada siklus I observasi aktivitas peserta didik rata-rata 51,43%, dan pada siklus II menjadi 75,33%. Sedangkan hasil tes pemahaman konsep pada siklus I nilai rata-rata klasikal 53% dan pada siklus II nilai rata-rata 80%. Peningkatan terjadi karena adanya perbaikan pada siklus II dengan membuat pembelajaran lebih menarik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model kooperatif tipe TGT dan media POTAKA dapat meningkatkan pemahaman konsep pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas V SDN Dermo materi Bilangan Bulat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 01 Apr 2019 01:43
Last Modified: 01 Apr 2019 01:43
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item