Zakiyah, Imroah Lailatuz (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Fiberglass Simulator Pernapasan Manusia Di Kelas V UPT SDN 17 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
1. LEMBAR ORISINILITAS.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
5. HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (630kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meneliti media pembelajaran Fingerglass simulator pernapasan manusia. Pemanfaatan model simulasi yang dirancang menyerupai sistem pernapasan manusia berfungsi sebagai alat pendidikan yang sangat berharga. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi pemahaman yang komprehensif tentang konsep-konsep ilmiah, khususnya di bidang ilmu alam, dengan tujuan akhir penerapan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan simulator ini, diharapkan siswa akan termotivasi untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, menumbuhkan minat yang tinggi dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertempat di UPT SDN 17 Gresik pada peserta didik Kelas 5. Model yang digunakan adalah Simulator sistem pernapasan manusia mengikuti model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model ini didasarkan pada pendekatan ilmiah teori pembangunan ADDIE yang digariskan oleh Robert Maribe Branch.Proses validasi untuk dua tingkat validator ahli materi I dan II menghasilkan tingkat validasi 85% yang menunjukkan bahwa materi tersebut termasuk dalam kategori valid. Begitu pula dengan hasil validasi validator ahli materi II menunjukkan tingkat validasi 100% juga termasuk dalam kategori valid. Hal ini mengandung arti bahwa isi media pembelajaran relevan dengan materi pelajaran Sistem Pernafasan Manusia kelas V di sekolah dasar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas media pembelajaran Fiberglass Simulator Pernafasan Manusia memenuhi kriteria valid ditinjau dari materi yang dikandungnya. Selain itu, respon siswa memperoleh nilai 87% yang menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Fiberglass Simulator Pernapasan Manusia sangat cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Simulator Fiberglass |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Imroah Lailatuz Zakiyah |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 04:01 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:01 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9283 |
Actions (login required)
View Item |