Pengembangan Media PALANEL (Papan Flanel) Materi Profesi Pada Mata Pelajaran IPS kelas IV di Sekolah Dasar

Arofah, Nurul Lailatul (2023) Pengembangan Media PALANEL (Papan Flanel) Materi Profesi Pada Mata Pelajaran IPS kelas IV di Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN (1).pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI (2).pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL (2).pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_WM.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_wm.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III-WM_pdf.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
BAB IV_Wm.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img]
Preview
Text
BAB V_Wm.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari permasalahan penelitian pengembangan ini didasarkan pada kurangnya penguasaan pemahaman materi profesi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV Sekolah Dasar, hal itu dikarenakan minat belajar peserta didik berkurang dan peserta didik sibuk dengan urusannya didalam kegiatan, bahkan guru hanya menggunakan media yang terbatas sehingga dapat mempengaruhi nilai dan membuat peserta didik merasa bosan. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran palanel (papan flanel) materi profesi. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : Analysis (analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan peneliti berupa lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil akhir rata-rata dari validasi ahli media memperoleh skor sebesar 89,5% dan validasi ahli materi sebesar 94,5%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil angket respon peserta didik sebesar 83,79% dengan artian masuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Palanel, Model ADDIE, Profesi
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nurul Lailatul Arofah
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:21
Last Modified: 25 Jan 2024 03:21
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9310

Actions (login required)

View Item View Item