PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IPA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 KEBOMAS

Mustika, Fidatul (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IPA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
vi ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 1 Kebomas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakuakan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdapat sebanyak 33 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan tes hasil belajar dengan menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi peserta didik, observasi guru, dan lembar tes hasil belajar. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hasil belajar peserta didik diukur dengan tes tulis yang diberikan pada akhir setiap siklus. Aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD sudah mencapai keberhasilan dengan kriteria baik. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe STAD sudah mencapai keberhasilan dengan kriteria yang baik. Hasil belajar peserta didik secara klasikal sudah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 84,84%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:04
Last Modified: 12 Apr 2019 02:04
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item