EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI POKOK UANG PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SOKO

AFRILIANI, NURISH SHABACHA (2019) EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI POKOK UANG PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SOKO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, bahwa dalam pembelajaran matematika sering kali didapatkan peserta didik masih sukar menerima dan mempelajari matematika. Bahkan banyak yang mengeluh bahwa pelajaran matematika membosankan, tidak menarik, dan susah untuk difahami. Berawal dari permasalahan ini peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan dalam penelitian ini adalah “Untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi pokok uang peserta didik kelas IV SD Negeri Soko” Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Soko yang berjumlah 11 peserta didik pada tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes, yang terdiri dari lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar aktifitas peserta didik dan tes ketuntasan hasil belajar. Hasil analisis data pada penelitian pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan rata-rata nilai guru dari keseluruhan pertemuan adalah 91,7. Aktifitas peserta didik selama pembelajaran dikategorikan aktif dengan nilai keseluruhan pertemuan mencapai 65,95%. Sedangkan hasil belajar peserta didik menggunakan pendekatan RME menunjukkan bahwa rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 88,45 dengan prosentase ketuntasan klasikal mencapai 81,9%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:04
Last Modified: 17 May 2020 07:14
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item View Item