PENGGUNAAN MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS II SDN KEMBANGAN GRESIK

JANNAH, MIFTAHUL (2019) PENGGUNAAN MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS II SDN KEMBANGAN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi menunjukkan adanya permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM pada pembelajaran matematika materi bangun datar. Sedangkan hasil wawancara terhadap guru kelas menunjukkan peserta didik cenderung merasa bosan dan pasif dalam proses pembelajaran, dan peserta didik lebih menyukai pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui media Quiet Book pada pembelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas II SDN Kembangan Gresik, penelitian ini dilakukan dalam satu siklus dengan satu kali pertemuan Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan yaitu analisis hasil tes individu dan hasil ketuntasan belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Kembangan Gresik pada semester ganjil tahun 2018-2019 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 17 perempuan dan 13 laki-laki. Pengumpulan data disajikan dalam bentuk tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: pada pra siklus peserta didik yang tuntas hanya sebesar 40 % atau 12 dari 30 peserta didik, sedangkan yang pada siklus I mengalami kenaikan yaitu peserta didik yang tuntas sebanyak 90 % atau 27 dari 30 peserta didik. Berdasarkan keterangan tersebut bahwa hasil tes belajar menunjukkan ketuntasan sesuai dengan indikator keberhasilan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media quiet book dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi bangun datar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:04
Last Modified: 12 Apr 2019 02:04
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item