Pengembangan Buku Ajar IPS SD Tentang Tokoh–Tokoh Islam Pada Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan

Adawiyah, Robi'atul (2023) Pengembangan Buku Ajar IPS SD Tentang Tokoh–Tokoh Islam Pada Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar tokoh-tokoh islam pada peristiwa proklamasi kemerdekaan di MIS Al-Islami Tiremenggal tahun ajaran 2022/2023. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation¬. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIS Al-Islami Tiremenggal. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan lembar validasi dari ahli bahasa, ahli materi atau isi dan ahli kegrafikaan serta lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data ahli bahasa yang dikembangkan berada pada kriteri sangat valid dengan skor sebesar 94,44%. Hasil analisis materi yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan skor sebesar 90,91%. Hasil analisi data ahli kegrafikaan yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan skor sebesar 97,53%. Hasil uji coba yang dilakukan peneliti memproleh skor sebesar 92,16% dengan kriteria sangat baik. Buku ajar tokoh-tokoh islam pada peristiwa proklamasi kemerdekaan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE dapat disimpulkan memenuhi kriteria valid dan sangat baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar Tokoh-Tokoh Islam, Kevalidan, Respon Peserta Didik, Materi Proklamasi Kemerdekaan
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Robi'atul Adawiyah
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:01
Last Modified: 25 Apr 2024 04:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10315

Actions (login required)

View Item View Item