Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 22 Gresik.

Ilham, Firdawati (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 22 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS.pdf

Download (337kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 22 Gresik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Gresik (Dibimbing oleh Arya Setya Nugroho, M.Pd dan Nanang Khoirul Umam, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV Sekolah Dasar tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B di UPT SD Negeri 22 Gresik dengan jumlah siswa yang sama yaitu 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar obsevasi dan tes lisan keterampilan komunikasi. Analisis data yang diperoleh yaitu hasil keterampilan komunikasi membuktikan bahwa terdapat perbedaan setelah diberikan tes terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dibuktikan dengan hasil nilai post-test kelas kontrol sebesar 74,75. Sedangkan hasil nilai post-test kelas eksperimen sebesar 87,75 Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji independent sample T-test memperoleh hasil yang signifikan yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV UPT SD Negeri 22 Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Talking Chips, Keterampilan Komunikasi
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Firdawati Ilham
Date Deposited: 27 May 2024 03:04
Last Modified: 27 May 2024 03:04
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10381

Actions (login required)

View Item View Item