Indriyani, Qonita (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Mengetahui Keaktifan Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS ( KEASLIAN ).pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (694kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only until 30 September 2029. Download (771kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan siswa dengan menggunakan penerapan model kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan wawancara untuk pengumpulan data keaktifan siswa dan aktivitas guru. Analisi data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SDN 31 Gresik tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 28 siswa, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling dimana semua anggota populasi menjadi sampel penelitian. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa dari hasil observasi keaktifan siswa sebelum menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray siswa cenderung pasif saat proses pembelajaran. Ketika model kooperatif tipe Two Stay Two Stray diterapkan di kelas IV rata-rata siswa menjadi aktif meskipun masih ada 1 sampai 2 siswa yang masih pasif. Model pembelajaran ini mampu mendorong siswa untuk berinteraksi satu sama lain dalam kelompok kecil, dengan membagi tiap kelompok yang terdiri dari 4 anggota, siswa memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam diskusi kelompok, bertukar ide dan bekerjasama dalam melakukan tugasnya. Selain itu, siswa juga dapat melatih keterampilan sosial seperti berbicara, bekerja sama, dan bernegosiasi dengan berinteraksi dalam kelompoknya.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model kooperatif tipe two stay two stray, keaktifan siswa, Bahasa Indonesia |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Qonita Indriyani |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 00:53 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 00:53 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10754 |
Actions (login required)
View Item |