Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Mengetahui Keaktifan Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Indriyani, Qonita (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Mengetahui Keaktifan Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS ( KEASLIAN ).pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 September 2029.

Download (771kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan siswa dengan menggunakan penerapan model kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan wawancara untuk pengumpulan data keaktifan siswa dan aktivitas guru. Analisi data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SDN 31 Gresik tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 28 siswa, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling dimana semua anggota populasi menjadi sampel penelitian. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa dari hasil observasi keaktifan siswa sebelum menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray siswa cenderung pasif saat proses pembelajaran. Ketika model kooperatif tipe Two Stay Two Stray diterapkan di kelas IV rata-rata siswa menjadi aktif meskipun masih ada 1 sampai 2 siswa yang masih pasif. Model pembelajaran ini mampu mendorong siswa untuk berinteraksi satu sama lain dalam kelompok kecil, dengan membagi tiap kelompok yang terdiri dari 4 anggota, siswa memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam diskusi kelompok, bertukar ide dan bekerjasama dalam melakukan tugasnya. Selain itu, siswa juga dapat melatih keterampilan sosial seperti berbicara, bekerja sama, dan bernegosiasi dengan berinteraksi dalam kelompoknya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe two stay two stray, keaktifan siswa, Bahasa Indonesia
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Qonita Indriyani
Date Deposited: 23 Feb 2024 00:53
Last Modified: 23 Feb 2024 00:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10754

Actions (login required)

View Item View Item