Penerapan Media Gambar Berseri Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 358 Gresik

Fajrul, Izza (2024) Penerapan Media Gambar Berseri Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 358 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhamadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar persetujuan skripsi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengasahan.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI T.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman judul.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 358 Gresik melalui penerapan media gambar berseri. Keterampilan berbicara yang baik sangat penting dalam pendidikan dasar, namun di SD Negeri 358 Gresik, siswa sering menunjukkan ketidakberanian dan ketidaklancaran dalam berbicara di depan kelas. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, hasil observasi menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa adalah 68,45 dengan kategori cukup terampil, dan observasi aktivitas siswa mencapai 65,18%. Pada siklus II, penerapan media gambar berseri menunjukkan peningkatan signifikan, dengan nilai rata-rata keterampilan berbicara mencapai 79,30 dan observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 85,42% dengan kategori sangat baik. Penelitian ini mengindikasikan bahwa media gambar berseri efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, memfasilitasi komunikasi yang lebih baik, serta meningkatkan motivasi dan perhatian siswa selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, Gambar berseri, sekolah dasar.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Fajrul Izza
Date Deposited: 12 Feb 2024 17:13
Last Modified: 12 Feb 2024 17:18
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11313

Actions (login required)

View Item View Item