Ariqa, Nabilah (2024) Perencanaan Lapis Tambahan (Overlay) Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 Pada Jalan Raya Banjarsari Kabupaten Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
01. Halaman Pernyataan Orsinalitas.pdf Download (22MB) | Preview |
|
|
Text
02. Lembar Persetujuan Skripsi.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
03. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (22MB) | Preview |
|
|
Text
04. Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
05. Halaman Judul.pdf Download (19MB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB 1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
08. BAB 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
09. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
10. BAB 5.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
11. Daftar Pustaka.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
12. Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kabupaten Gresik merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Timur yang dikenal sebagai salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur. Banyaknya sektor industri yang berdiri di Kabupaten Gresik harus diimbangi dengan sarana dan prasarana tranposrtasi yang memadai. Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi yang sangat penting. Kabupaten Gresik memiliki permasalahan kerusakan pada jalan yang cukup parah. Faktor penyebab kerusakan jalan di Kabupaten Gresik antara lain tidak adanya ataupun tidak berfungsinya drainase, beban kendaraan yang melebihi batas maksimum beban perencanaan, kondisi struktur tanah dasar yang tidak stabil, serta umur jalan. Jalan Raya Banjarsari yang berada di Kecamatan Cerme merupakan salah satu akses jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Gresik dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Sidoarjo membuat banyaknya kendaraan-kendaraan berat yang membawa beban berlebih melalui jalan ini. Pada Jalan Raya Banjarsari terdapat beberapa kerusakan seperti lubang, keretakan pada aspal, serta perubahan bentuk pada perkerasan aspal, maka dengan adanya permasalahan yang terjadi diperlukan adanya pemeliharaan jalan dengan cara mempertahankan, memperbaiki, menambah ataupun mengganti struktur lapisan jalan agar kondisi fisik jalan yang telah ada dapat dipertahankan atau ditingkatkan dalam waktu yang lama. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu data primer berupa kondisi eksisting jalan dan data kerusakan yang terjadi pada Jalan Raya Banjarsari yang didapat langsung dengan survei di lapangan serta data sekunder yang berupa data volume lalu lintas (LHR), data lendutan Benkelman Beam Test yang diperoleh dari instansi terkait. Data tersebut dianalisis menggunakan metode manual desain perkerasan jalan 2017 untuk mendapatkan hasil tebal lapis tambahan (overlay). Hasil penelitian ini menunjukan beberapa jenis kerusakan yang terjadi pada Jalan Raya Banjarsari Kabupaten Gresik yaitu Retak buaya, retak memanjang, retak blok, kegemukan, tambalan, pelepasan butir, lubang, dan alur. Penilaian kerusakan pada ruas jalan menggunakan metode PCI dan didapatkan nilai rata-rata PCI sebesar 63,83 % yang termasuk dalam kondisi baik (good) dan dapat dilakukan penanganan secara rutin. Hasil perhitungan perencanaan lapis tambahan (overlay) pada ruas Jalan Raya Banjarsari Kabupaten Gresik diperoleh sebesar 100 mm.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan, PCI, Overlay, MDP 2017 |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program |
Depositing User: | Nabilah Ariqa |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 17:46 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 17:46 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11554 |
Actions (login required)
View Item |